Sejarah

By administrator 07 Mei 2019, 16:53:42 WIB

PROFIL DESA

 

Kondisi Desa

1. Sejarah Desa

Dusun Talang Silungko merupakan Desa pemekaran dari Dusun Pelayang pada Tahun 1981 pada setelah disahkan pada tahun 1983 dan di pimpin oleh kepala desa pertama yaitu pak Effendi.H.Umar. Dusun Talang Silungko terletak di Dusun terluar dari Kec. Bathin II Pelayang, serta merupakan 1 dari 5 dusun dalam Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo.

 

2. Letak Geografis

Berdasarkan data dari monografi Dusun Talang Silungko, dimana dusun ini  mempunyai Luas Wilayah ± 6.400 ha,

Data dari monografi Dusun Talang Silungko,  berdasarkan batas alam seperti sungai, jalan, batas sawah masyarakat  maupun batas jalan desa. Adapun batas-batas desa adalah:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Dusun Jumbak  Kec. Jujuhan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Dusun Seberang Jaya Kec. Bathin II Pelayang 
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Dusun Perenti Lueh Kec. Tanah Tumbuh
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Dusun Rantau Ikil Kec. Jujuhan

Dusun Talang Silungko mempunyai 4 Kampung untuk Mencapai desa ini dapat dicapai melalui darat dengan menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun dengan menggunakan mobil. Jarak desa ini dengan ibu kota kecamatan (Bathin II Pelayang) diperkirakan 9 Km yang dapat ditempuh selama 20 menit,  jarak dengan ibukota Kabupaten yaitu 60 km, dengan waktu tempuh dari ibukota kabupaten diperkirakan  60 menit  dengan ongkos Rp 20.000/ orang.Berdasarkan letak dan posisi Dusun Talang Silungko merupakan daerah yang strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera.

 

3. Demografi:

Dusun Talang Silungko secara demografi merupakan daerah dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut, merupakan daerah berbukit,  sekitar 70%  dari luas wilayah Dusun Talang Silungko Merupakan daerah Perkebunan masyarakat.